Navbar

Global Var

Jumat, 02 November 2012

Manfaat Tertawa Bagi Kita


Tertawa identik dengan sesuatu yang lucu, santai, dan menyenangkan. Coba deh nonton film komedi sebentar saja, semua masalah kamu akan hilang seketika kalau kita sudah tertawa. Ketawa memang tinggal ha-ha-ha. Selain membuat masalah menjadi hilang, apalagi yaa manfaat dari kita tertawa. Berikut ini sedikit manfaat tertawa.

Tertawa juga Olahraga
Ternyata, tertawa juga merupakan olahraga ringan . Saat ketawa, wajah akan mengalami peregangan otot, dan ingin berpengaruh pada meningkatnya denyut nadi dan oksigen keseluruh jaringan tubuh. Sukakan pas ketawa ngakak napas kita jadi tersengal-sengal? Itu karena saat tertawa jantung berpacu lebih cepat, paru-paru kita mengembang, sekat rongga badan lebih renggang sehingga peredaran darah juga akan bertambah lancar. Tertawa terbahak-bahak selama 20 detik setara dengan jogging 3 menit.

Meningkatkan Imun
Gak percaya? Dr. Cynara Coomer, Breast Surgery & Director dari Comprehensive Breast Center di Staten Island University Hospital mengungkapkan bahwa studi membuktikan kalau antibody mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat saat kita tertawa. Dengan demikian imun kita lebih sakti nangkal penyakit. Wah, asyik dong kalau sering ketawa jadi jarang sakit? :D

Melindungi Jantung
Penelitian di California, Amerika Serikat telah membuktikan bahwa saat kita tertawa, kolesterol baik dalam tubuh meningkat 26%. Terus, yang punya darah tinggi, dengan tertawa 15 menit saja, tekanan darah langsung turun 10-20 mmHg, loh!

Baik Untuk Kesehatan Paru-Paru
Tertawa bisa jadi semacam terapi buat penderita asma ringan. Hal ini disebabkan pas ketawa, kita akan menghirup lebih banyak oksigen dan bisa menghembuskan udara hingga 60 km/jam. Paru-paru kita juga ternyata mengembang ketika kita tertawa. Makanya penderita asma ringan sangat dianjurkan tertawa 5-10 menit per hari.

Menghilangkan Rasa Khawatir
Galau-suralau gundah-gulana dijamin lenyap kalau kita sudah tertawa. Lagi-lagi, hormone endorfin memainkan perannya untuk menenangkan perasaan dan membuat kita lupa sementara masalah yang sedang kita alami. Asal jangan jadi lupa ngerjain PR aja nih karena asyik ketawa.

Baik Untuk Kesehatan Mental
Dengan ketawa, kita mampu menangkal energi negatif. Nah, tadikan sudah dijelasin kalau endorfin bikin kita senang, kesehatan mental kita akan terjaga dan jauh dari yang namanya stress. Ada sebuah kantor di India yang rutin melakukan tawa pagi. Jadi kalau tentara biasanya apel pagi, ini tawa pagi. Manajemen perusahaan percaya, dengan tertawa, suasana hati para karyawan jadi bagus dan produktifitas kerjanya juga akan meningkat.

0 komentar:

Comments Utility