Navbar

Global Var

Sabtu, 01 September 2012

Tips Membangkitkan Motivasi Belajar


Anda terlalu sering membaca berbagai petunjuk tentang cara belajar yang baik atau efektif. Saking banyaknya nasihat cara belajardari berbagai sumber, anda tentu menjadi bingung ketika harus memilih cara mana yang akan anda ikuti. Sebelum menentukan cara belajar mana yang efektif buat anda ada baiknya anda perhatikan beberapa saran ANK’s Blog berikut ini.

 

1. Berpikit Positif
Sebelum belajar, tanamkan dalam pikiran bahwa tidak ada sesuatu yang sulit jika kita mau mempelajarinya. Pikiran positif ini akan membangkitkan energy positif yang mengacu sel-sel dalam tubuh kita dalam proses belajar sehingga sel-sel otak dapat bekerja dengan baik. Tanamkan dalam pikiranmu : Aku pasti bisa!

2. Belajar Secara Kontinyu
Ada pepatah mengatakan: sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah itu masih sengat relevan dengan keadaan saat ini. Anda tidak akan mendapat hasil memuaskan dalam ulangan ketika menggunakan cara belajar SKS (sistem kebut malam). Ingat memori otak kita tidak dapat merekam sekaligus dalam jumlah yang banyak, tetapi sedikit demi sedikit dan kontinyu. Untuk itulah belajarlah secara rutin, alokasikan waktu yang cukup untuk belajar.

3. Membuat Catatan Singkat
Buatlah catatan singkat untuk mempermudah mengingat suatu materi. Gunakan daya kreasi anda sendiri dalam membuat ringkasan. Misalnya saja berupa diagram alir, skema, atau berupa poin-poin dari suatu materi sehingga mudah diingat.

4. Berdoa Sebelum Dan Sesudah Belajar
Anda sebagai manusia beriman tentu sangat menggantungkan semuanya kepada Tuhan. Manusia wajib berupaya, tetapi Tuhanlah yang menentukan hasilnya. Anda harus optimis bahwa doa anda pasti dikabulkan, asal anda sudah berusaha dengan sungguh-sungguh. Jadi jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar.

0 komentar:

Comments Utility