Navbar

Global Var

Minggu, 01 Juli 2012

Bumi Baru?????

 Ada yang aneh, masa’ ada planet yang mirip bumi. Jangan-jangan itu planetnya alien???....He…he…he… tapi benar loh sobat, Memang ada planet yang mirip dengan bumi. Mungkin kalau cuma ada satu saja sudah pernah dengar. Tapi ini ada 100 Lho!!!!!! Bayangkan kalau planet yang mirip dengan bumi ada 100 planet, pasti banyak manusia yang nantinya akan menghuni planet itu satu persatuterus ntar bumibumi kita yang asli ini jangan-jangan jadi sepi….. Gimana yaa, udah ahh.. kita simak saja dulu yang satu ini….

Teleskop Kepler menemukan lebih dari 100 planet yang besarnya seukuran bumi. Penemuan tersebut terjadi setelah Kepler memindai langit untuk menemukan keberadaan planet yang mengorbit bintang. Penemuan ini menguatkan dugaan mengenai kemungkinan bahwa manusia bumi tidak sendirian di ajagat raya ini. Berarti sebenarnya ada banyak manusia di planet lain sana yaaaa… Ilmuan menduga ada sekitar seratus planet di galaksi Bima Sakti dengan kondisi yang sesuai, yang memungkinkanterjadi kehidupan. Merekaberharap bisa mengidentifikasi sekitar 60 planet mirip bumi ini dalam kurun 2 tahun mendatang. Disisi lain ada juga yang menumakan planet mirip bumi yang katanya paling layak untuk dihuni oleh manusia. Bumi abru itu namanya Planet Gliese 581 g kondisinya mirip dengan bumi. Planet Gleise581 g bisa dihuni layaknya bumi dan jaraknya cukup dekat Cuma 200 tahun cahaya. Upaya para ahli untuk menemukanalternatif tempat tinggal baru, seandainya bumi kita sudah full atau ada kejadian besar yang membuat umat manusia harus eksodus misalnya, masih belum terhenti. Jadi kayaknya kita beneran bakal ninggalin bumi tercinta ini…

Gliese 581 g, berjarak 195 triliun kilometer dari bumi. Kalau manusia bisa membangun kendaraan dengan kecepatan, planet tersebut bisa ditempuh dalam waktu 200 tahun. Artinya, kalau besok berangkat, yang sampai disana bisa jadi keturunan keempat kita atau anak cicit kita. Ya berarti kita nggak bisa lihat bumi baru itu yaa… yang bisa lihat cicit kita…. Di lain pihak, ternyata Perancis juga mulai mengaku kalau mereka telah menemukan planet mirip bumi yang kita huni ini. Satelit pemburu planet asing milik Perancis, COROT, berhasil merekam sebuah planet baru di luar tata surya. Ukurannya tak lebih dari dua kali ukuran bumi dan termasuk planet asing terkecil yang pernah ditemukan. Planet tersebut mengorbit bintang yang mirip Matahari dan kemungkinan termasuk planet padat seperti bumi. Penemuan planet padat termasuk mengejutkan karena, dari 300-an planet asing yang terdeteksi, hamper semuanya berupa gumpalan gas raksasa seperti planet Jupiter.

Obyek yang diberi nama CoRot-Exo-7B terletak begitu dekat dengan bintang induknya yang berada 457 tahun cahaya dari bumi (1 tahun cahaya setara dengan 9,5 triliun kilometer) sehingga permukaannya terbakar. Suhu dipermukaannya sangat panas sehingga diperkirakan berupa lava pijar atau uap air dengan konsentrasi tinggi antara 1.000 hingga 1.500oC. planet tersebut mungkin tersusun dari setengah batu dan setengah air. Jadi, pantas kalau planet tersebut disebut “planet sauna” mengingat betapa panasnya suhu dipermukaannya. Dengan suhu sebesar itu, kehidupan hampir dikatakan mustahil. Para astronom Perancis dan Badan Antariksa Eropa (ESA) mendeteksi keberadaan planet itu saat posisi transit. Teleskop yang dibawa COROT mendeteksi kedipan cahaya akibat gerakan planet di depan bintang. CoRot-Exo-7B menempuh lintasan yang sangat cepat. Satu tahun disana setara dengan 20 jam di bumi.

Nachhh….. Sobat, jadi mana nih bumi baru yang akan kita tinggali selanjutnya kalau bumi asli kita ini sudah tidak bisa tertahan….????? Bukankah lebih enak tinggal di tempat sendiri daripada di tempat orang lain…??? Begitu pula bumi kita nggak akan pernah tergantikan. Makanya, mulai dari sekarang, jangan anggap remeh tentang ozon yang mulai menipis atau tenang global warming…..

0 komentar:

Comments Utility