Navbar

Global Var

Sabtu, 21 Juli 2012

Cara Memakai Busana Muslim / Jilbab Yang Baik


Alhamdulillah saat ini banyak wanita Islam (muslimah) yang mengenakan busana muslim/jilbab. Ada yang sudah berpakaian sesuai dengan tuntunan agama, ada pula yang meski sudah memakai jilbab, namun masih perlu dibenahi, misalnya :


- Kerudung tidak menutupi dada
- Pakaian ketat menampakkan lekuk tubuh
- Blus yang dipakai pendek
- Rok yang dipakai kurang panjang
- Rok yang dipakai berbelah didepan
- Tidak memakai sarung kaki
- Make up yang terlalu tebal
- Baju yang dikenakan untuk bermegah-megahan

Saat ini, perkembangan model pakaian sangat pesat. Sebagai pembeli kita disuguhi banyak pilihan model dengan harga yang beragam, mulai puluhan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Jadi kalau ada yang memakai pakaian mahal misalnyadengan harga 1 juta keatas, sambil membanggakan (riya’/pamer) kepada temannya, “ini aku beli seharga 1 juta”. NIscaya itu sudah tidak islami lagi. Memang dalam islam kita diperblehkan membicarakan atau menunjukkan apa yang kita miliki, selama niat dan tujuan kita semata-mata untuk bersyukur kepada Allah, tidak untuk bermegah-megahan, sombong atau riya’.

Seharusnya yang sederhana saja dan tidak berlebihan sehingga sisa uang bisa diapai untuk perkara yang bermanfaat, misalnya membantu fakir miskin, infaq jum’at dan lain-lainpokonya yang bermanfaat sesuai dengan ajaran Islam. Lalu bagaimana contoh berbusana muslim yang benar ? Rasulullah SAW telah bersabda : “Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umut (baligh), maka mereka tdak boleh dilihat melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (HR. Abu Dawud)

Dari ‘Aisyiah ra Rasulullah SAW bersabda : “Tidak halal bagi seorang wanita yang percaya kepada Allah dan hari kemudian – apabila telah haid – menampakkan kecuali wajah dan kedua tangannya sampai disini (dan beliau memegang setengah tangan)” (HR. Qatadah)

Berbusana muslim yang baik adalah sebagai berikut :
- Pakaian muslim harus menutup seluruh aurat (HR. Bukhari)
- Pakaian muslim tidak boleh menampakkan tubuh atau transparan (HR. Abu Dawud)
- Pakaian tidak boleh bermegah-megahan (QS. At-Takatsur : 1)
- Pakaian wanita harus berbeda dengan pakaian laki-laki (HR. Bukhari Muslim)
- Hendaknya saat keluar rumah para wanita mengenakan jilbab (QS. Al-Ahzab : 59)
- Hendaknya kerudung yang dipakai hingga menutupi dada (QS. An-Nur : 31)
- Pakaian tidak boleh ketat sehingga bentuk tubuh terlihat jelas
- Sebaiknya memakai sarung kaki

Memang berat untuk mengenakan busana muslim yang baik sesuai dengan ajaran Islam di tengah-tengah era global saat ini. Barangkali sebagian dari kita beranggapan bahwa busana muslim yang baik itu terkesan tidak modis, tidak seksi dan sebagainya. Tapi itulah yang benar sesuai dengan tuntunanIslam dan sudah pasti tidak bertentangan dengan hati nurani kita (fitrah manusia). Dan sebenarnya banyak juga kok saat ini busana muslim yang baik tapi tetap terlihat modis dan anggun.

Akhirnya “Mari belajar mengenakan busana muslim yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari kita”.
SEMOGA BERMANFAAT !!!!!!!!!!!!!!

0 komentar:

Comments Utility