Navbar

Global Var

Kamis, 28 Juni 2012

Prediksi Pertandingan Final Euro 2012 Spanyol vs Italia


Perhelatan Euro 2012 telah mencapai puncak acara, 2 tim telah memesan tiket ke final yaitu tim juara bertahan Spanyol dan tim Italia. Tim Matador Spanyol melenggang ke final setelah menyingkirkan finalis euro 2004, Portugal lewat babak adu penalti setelah dalam waktu 120 menit kedua tim tidak mampu mencetak satu gol pun, sedangkan tim Gli Azzuri Italia berhasil lolos ke final setelah mengalahkan finalis euro 2008, Jerman dengan skor 2-1. Spanyol dan Italia sebenarnya sudah pernah bertemu di fase grup, dimana kala itu kedua berbagi angka 1-1. Italia wktu itu berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol striker veteran, Antonio Di Natale. Sedangkan Spanyol baru berhasil membalas setelah Cesc Fabregas berhasil menyarangkan bola ke gawang Gianluigi Buffon. Kekuatan kedua tim ini bisa dibilang cukup berimbang, dalam perjalanannya menuju final baik Spanyol maupun Italia tak pernah tersentuh kekalahan.


ANK’s Blog akan membahas perjalanan kedua ini hingga berhasil masuk ke babak final. Dimulai dari Spanyol yang pada fase grup berhasil menjadi juara grup C, dengan 1 kali hasil seri dan 2 kali kemenangan. Pada pertandingan pertama, Spanyol gagal menang lawan Italia, kedua tim hanya mampu berbagi angka 1-1. Di pertandingan kedua Spanyol mulai memanas, Irlandia menjadi korban keganasan tim Matador, tanpa ampun Xavi Hernandez dkk menghajar Robbie Keane dkk dengan skor telak 4-0. Di pertandingan terakhir fase grup, Spanyol berhasil membuktikan yang terbaik di grup C setelah Kroasia berhasil mereka kalahkan dengan skor 1-0. Dengan hasil tersebut Spanyol berhak menjadi juara grup setelah mereka berhasil mengumpulkan nilai 7, dengan berhasil memasukkan 6 gol ke gawang lawan, dan hanya 1 kali gawang Iker Casillas bergetar. Pada babak perempat final, Spanyol bertemu juara euro 2000, Prancis. Pada pertandingan tersebut, Xabi Alonso berhasil menjadi pahlawan La Furia Roja setelah memborong 2 gol kemenangan Spanyol atas Prancis. Di babak semifinal, Tim Matador Spanyol berhadapan dengan negaranya Cristiano Ronaldo, yaitu Portugal. Pada pertandingan kali ini Spanyol dibuat frustasi oleh para pemain Portugal, hingga akhirnya kedua tim tak mampu mencetak gol, pertandingan dilanjutkan dengan babak adu penalti. Pada drama adu penalti, pemain Spanyol hanya Xabi Alonso saja yang tak mampu menceploskan bola ke gawang Rui Patricio, sedangkan Portugal Moutinho dan Bruno yang tak mampu menggetarkan gawang Iker Casillas. Adu penalti berhasil dimenangkan Spanyol dengan skor 4-2. Pada drama adu penalti, pelatih Portugal Paulo Bento membuat keputusan kontroversial dengan tidak menempatkan Cristiano Ronaldo sebagai penendang pertama, namun menjadi penendang kelima. Alhasil penendang pertama Portugal Joao Moutinho gagal menaklukan kiper Spanyol Iker Casillas. Dan Spanyol akhirnya berhasil melenggang ke partai final untuk mempertahankan gelar, yang sebelumnya berhasil mereka raih pada euro 2008 Austria-Swiss.

Sementara itu, Gli Azzuri harus berjuang mati-matian untuk bisa mencapai partai final. Di fase grup Italia harus bertemu tim kuat Spanyol pada pertandingan pembuka. Italia kala memang tidak diunggulkan di euro kali ini, namun mereka bisa membuktikan bahwa mereka merupakan salah satu tim raksasa Eropa, Spanyol berhasil mereka tahan dengan skor 1-1, kemudian tim “kuda hitam” Kroasia juga berhasil mereka tahan dengan skor 1-1. Kemudian dipartai terakhir fase grup Gianluigi Buffon dkk berhasil mencetak kemenangan pertama di euro 2012 setelah berhasil menaklukan tim Irlandia dengan skor 2-0. Dengan hasil tersebut Italia menemani Spanyol melaju ke babak perempatfinal untuk menghadapi tim The Three Lions Inggris. Pada babak perempatfinal, kembali Italia harus bersusah payah untuk menyingkirkan Steven Gerrard dkk. Italia baru bisa memastikan melaju ke semifinal setelah berhasil memenangi drama adu penalti. Adu penalti harus terjadi karena kedua tak mampu membuat gol pada waktu 120 menit. Pada drama adu penalti, kiper sekaligus kapten Italia Gianluigi Buffon berhasil menjadi pahlawan setelah berhasil memblok penendang terakhir Inggris, Ashley Cole. Namun, pada drama adu tos-tosantersebut gelandang Juventus Andrea Pirlo menjadi sorotan utama setelah mampu menaklukan kiper Inggris Joe Hart, dengan cara mencip bola atau biasa disebut dengan gol “panenka”. Italia pun berhasil maju ke babak semifinal untuk menghadapi juara tiga kali euro, Jerman. Pada pertandingan kali ini striker bengal “Super” Mario Balotelli, berhasil menjadi pahlawan setelah dua golnya ke gawang Jerman yang dijaga Manuel Neuer. Italia pun berhasil mengalahkan tim Panser dengan skor 2-1.

Pada partai final nanti akan berlangsung tanggal 2 Juli dan akan dimainkan di stadion Olimpiade ,Kiev, Ukraina. Kedua pelatih akan berusaha meracik strategi terbaik untuk bisa membawa negaranya masing-masing menjadi yang terbaik di benua biru. Pelatih Italia Cesare Prandeli, memang belum ada apa-apanya dengan pelatih Spanyol Vicente Del Bosque, yang berasil membawa tim Matador menjadi kampiun Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Namun hal itu tak membuat mantan pelatih Fiorentina tersebut gentar, Prandeli optimis bisa membawa tim Italia mengangkat trofi euro kali ini.

Untuk starting eleven, kedua tim kemungkinan akan menggunakan komposisi yang hampir sama pada saat pertandingan fase grup. Berikut ini prakiraan pemain yang akan di turunkan kedua pelatih
Spanyol (4-3-3): Casillas; Arbeloa, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Xavi , Xabi ; Silva, Fabregas, Iniesta.

Italia (4-4-2) : Buffon; Balzaretti, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Pirlo, Marchisio, Montolivo, De Rossi ; Cassano, Balotelli.

Dari prakiraan pemain diatas dan perjalanan kedua tim, banyak yang beranggapan Spanyol akan berhasil memenangkan pertandingan lewat babak perpanjangan waktu tanpa adu penalti dengan skor 1-0. Tapi ingat, selama bola masih bundar apa pun masih bisa terjadi. Bukannya saya menjagokan Spanyol tapi ini hanya sebuah prediksi versi saya saja. Jika anda setuju juga bagus, tetapi jika tidak setuju juga tidak apa-apa.
Nah, itulah prediksi saya. Bagaimana prediksi anda?!!!

0 komentar:

Comments Utility