Navbar

Global Var

Minggu, 17 Juni 2012

Tips Atasi Ngantuk Saat Di Kelas


Rasa ngantuk memang dating kapan saja dan terkadangn cukup menggangu, misalnya ita ngantuk saat mengikuti pelajaran di sekolah atau kuliah, bahkan ngantuk saat berkendara (mengemudi). Hal ini lumayan ngerepotin kan ? Nah, ANK’spunya tips atasi ngantuk saat di kelas. Berikut ini tipsnya semoga dapat membantu anda yang sering mengantuk saat di kelas.


1. IJIN KELUAR KELAS
Kamu kelaur kelas terus ke kamar mandi, cuci muka dan berwudhu. Mintalah izin sama guru/dosen kamu untuk ke kamar mandi. Terus berwudhu deh. Kalaupun rasa ngantuk masih melanda, tapi minimal kamu jadi lebih seger dari sebelumnya.
2. MERENGGANGKAN OTOT
Nggak perlu ke lapangan olahraga untuk hal ini. Cukup dibangku saja. Tarik nafasmu ke atas dan kesamping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu, kalau guru/dosen bertanyakamu lagi ngapain, bilang saja terus terang kalau kamu lagi perenggangan otot biar nggak ngantuk. Guru/dosen pasti ngerti kok.
3. DUDUK DI DEPAN
Kebanyakan orang kalau lagi ngantuk, pasti milih duduk dibelakang, biar kalau ketiduran, nggak ketahuan. Ternyata salah!!! Coba deh kalau kamu duduk di depan. Dengan duduk di depan, kamu jadi lebih waspada. Kewaspadaan kamu malah membuat tubuh kamu rileks. Dan kamu nggak ngantuk lagi.
4. DUDUK TEGAK
Kamu tahu gak ? Postur tubuh yang nggak oke, bisa bikin otot jadi lelah. Soalnya ototdan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra disbanding kalau tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalau otot sudah lelah, itu bisa menurunin aliran darah dan otak sampai 30%
5. LATIHAN PERNAPASAN
Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampai ke dasar membantu kamu bikin tubuh tetap terjaga karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen
6. MAKAN PERMEN
Nggak usah banyak-banyak, dan nggak usah heboh mengulum atau mengunyahnya. Cukup di “emut” saja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra pengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Nah, yang tadinya mata kita redup karena ngantuk, mau nggak mau harus “melek” karena otak yang bekerja untuk “melek” lagi.


7. CARI TAHU APA YANG MENYEBABKAN KAMU MENGANTUK
Yang paling penting!!! Cari tahu, apa sih yang bikin kamu ngantuk? Kalau kamu gara-gara kurang tidur, keseringan “BEGADANG” tengah malam. Hmm.. saya Cuma bilang buat para pelajar khususnya “Begadang jangan begadang… kalau tiada artinya” (irama lagu Rhoma irama, mode on)
Ya, itulah tadi tips atasi ngantuk saat di kelas, buat kamu yang suka ngantuk kalau lagi ngikutin pelajaran. Silahkan dipraktekin, gampang n gratis,, Semoga ngantuk hilang tidur pun datang.

0 komentar:

Comments Utility