Navbar

Global Var

Sabtu, 09 Juni 2012

Tips Saat Ujian


Sukses atau gagalnya ujian yang kamu hadapi tergantung dari persiapan mental dan fisik kamu (tentunya selain kamu sudah belajar dengan giat). Dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu dalam menghadapi ujian.

§      Siapkan Peralatan Ujian Dengan Baik
Biasanya setip jian membutuhkan peralatan yang berbeda-beda misalnya ujian bergambar berbeda dengan ujian tertulis biasa. Peralatan ujian yang biasa dibawa adalah pensil, pulpen, penghapus, buku kosong dan penggaris.
§      Datanglah Lebih Cepat Sebelum Ujian Dilaksanakan
Datanglah lebih awal (minimal 15 menit sebelum ujian dilaksanakan), kamu akan punya waktu untuk mempersiapkan mental dan fisik kamu yang akhrinya dapat membantu kamu untuk lebih berkonsentrasi selama ujian.
§      Tenang Dan Percaya Diri
Sebelum mengerjakan ujian biasakan untuk berdoa. Dengan berdoa kamu akan lebih percaya diri & siap mengerjakan ujian.
§      Jangan Tegang
Santailah dalam mengerjakan setiap ujian sebab kondisi tegang saat ujian akan membuat mental, konsentrasi, dan kondisimu rusak.
§      Membaca Perintah Guru
Sebelum mengerjakan ujian, bacalah perintah soal ujian dengan baik dan teliti atau tidak terburu-buru. Sebab seringkali perintah untuk menjawab tidak sesuai denagn ujian yang lain.
§      Seleksi Soal
Seleksi soal maksudnya adalah seleksilah soal yang kamu anggap mudah atau bisa dengan cepat menjawabnya. Hal ini akan membantumu mengurangi pemborosan waktu menjawab.

METODE MENJAWAB SOAL
v Soal-soal Pilihan Ganda
Langsung abaikan jawaban yang kamu tahu salah. Jangan menebak pilihan jawaban ketika kamu tidak mengetahui secara pasti & ketika hukuman pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar. Jangan menggantinya kecuali bila kamu yakin akan koreksi yang kamu lakukan.
v  Soal Ujian Urain
Pikirkan dulu jawabannya sebelum menulis. Buatlah kerangka jawababnmu dingkat untuk uraian dengan mencatat dulu beberapa ide yang ingin kamu tulis. Kemudian nomor idde-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak ditulis terlebih dahulu. Usahakan untuk menuliskan secara tidak langsung point pertama dari jawaban sehingga jawababnmu tidak akan melenceng kemana-mana.
v Baca Kembali
Bacalah kembali jawaban yang telah kamu tulis, sehingga jika ada kekurangan kamu akan dapat segera memperbaikinya.
v  Jangan Terburu-buru
Jangan pernah mengerjakan ujian secara terburu-buru. Hal ini menyebabkan jawabanmu tidak bisa maksimal. Jika sudah selesai mengerjakan pun, jangan terburu-buru keluar ruangan. Pergunakan sisa waktu ujian untuk memeriksa kembali jawabanmu.
v  Tutup Dengan  Do’a
Sebagaimana kamu berdo’a untuk memulai mengerjakan ujian. Berdo’alah juga setelah selesai mengerjakan. Semoga apa yang sudah kamu kerjakan benar dan mendapat nilai baik.

0 komentar:

Comments Utility