Navbar

Global Var

Rabu, 11 September 2013

Tips Jitu Menghemat Uang Saku


Siapa disini yang selalu kehabisan uang saat tanggal tua di setiap akhir bulan?. Apa yang bisa kita lakukan saat kehabisan uang saku yang sering diberikan orang tua kita di awal bulan?. Mungkin kita hanya bisa bersedih dan meratapi nasib saja, berharap kedua orang tua kita mengerti perasaan yang kita alami. Ada beberapa faktor yang sering membuat kita kehabisan uang di tanggal tua. Salah satunya ada hidup boros, sifat inilah yang sulit dihilangkan dalam diri setiap umat manusia. Untuk itulah mulai dari sekarang kita merubah sifat tercela tersebut. Dan saran saya, ikutilah segelintir tips dibawah ini untuk membuat tanggal tua kalian happy ending. So, mulailah membaca dan segera terapkan dalam kehidupan kalian sehari-hari.


1. Catatlah Pengeluaran Dan Pemasukan
Buatlah sebuat catatan pengeluaran dan pemasukanmu setiap bulannya. Lalu bandingkan catatan bulan satu dengan bulan lainnya. Apakah hasilnya pengeluaran lebih banyak atau pemasukkannya yang lebih banyak. Jika kamu pernah diajar tentang pelajaran akuntantasi dan ekonomi, pasti prinsip ini sering dikeluarkan.

2. Hindari Kehidupan Serba Mewah
Hidup mewah disini maksudnya adalah memiliki barang-barang yang mahal harganya. Misalnya kamu ingin membeli HP dengan harga yang selangit, pastinya akan membuang banyak uang sakumu. Asngat beruntung jika kedua orang tuamu masih mau menuruti semua kemauanmu. Namun jika mereka sudah menerapkan prinsip mandiri, maka satu-satunya cara adalah dengan memakai semua uang tabungan yang sudah kamu kumpulin dari uang sakumu. Jika ingin membeli HP, belilah yang sesuai kebutuhan bukan sesuai keinginan.

3. Stop Membeli Barang Yang Tak Diperlukan
Sebagai contohnya adalah jika kamu punya banyak sekali baju yang masih bagus, otomatis jangan membeli baju lagi karena itu hanya akan menjadi ‘sampah’ dalam kamarmu. Contoh lainnya adalah kalau kamu sudah punya HP, maka jangan membeli lagi HP baru. Kecuali jika HPmu memang sudah rusak dan sudah sewajarnya untuk diganti.

4. Mulailah Menabung Dari Sekarang
Saat masih kecil kita semua sudah diajarkan oleh bapak ibu guru maupun orang tua kita sendiri tentang menabung. Tak peduli seberapa banyak kamu menabung, karena uang sedikit jika kumpulin terus menerus maka hasilnya akan menjadi banyak. Nah, jika kita memiliki banyak tabungan maka jika suatu saat nanti ada kebutuhan mendadak, kita bisa mengambil dari tabungan kita sendiri tanpa harus meminta kepada kedua orang tua.

Ikuti ANK’s Blog di twitter dan bergabunglah bersama kami di facebook untuk mendapatkan update informasi tentang  games, music, film, software, dll.


0 komentar:

Comments Utility