Navbar

Global Var

Jumat, 06 April 2012

Asal Muasal Seragam Sekolah (SMA)

Hai semua …?? Kali ini saya akan sedikit menginformasikan sejarah seragam SMA yaitu abu-abu putih. Menurut sejarah konon seragam abu-abu putih pertama kali di pakai oleh siswa SMA  1 Yogyakarta. Anda heran bukan ? mengapa yang pertama adalah SMA di Yogyakarta ? mengapa tidak di kota lain???.


Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa ternyata memang pemakain seragam abu-abu putih dimulai saat pemerintah memulai program yang menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum tahun 1954. Kemudian pada 16 Desember 1957 berdirilah SMA-SMA Teladan itulah yang pertama memakai abu-abu putih.
Hingga kini seragam dengan warna putih sebagai atasan dan abu-abu sebagai bawahan (celana atau rok) dipakai oleh hampir semua di Indonesia terutama SMA negeri.
Dan untuk SMA Teladan tersebut, sekarang menjdai SMA 3 Jakarta, SMA 3 Bukit Tinggi dan SMA 1 Yogyakarta, sedangkan yang di Surabaya dan Medan kurang diketahui. Meskipun sekarang sudah tidak lagi menjdai program pemerintah, namun nama Teladanan biasanya masih melekat, seperti SMAN 1 Yogyakarta yang biasa dikenal sebagai SMA NEGERI 1 TELADAN YOGYAKARTA
SMAN 1 Teladan Yogyakarta

0 komentar:

Comments Utility