Navbar

Global Var

Rabu, 04 April 2012

Bahasa Tubuh Perbedaan Khas Dari Penjuru Dunia


Well, mungkin masih ada sebagian diantara kalian berfikir. “Kurang kerjaan banget sich ngebahas topic nie ??! Emang gak ada bahasn lain apa ??!”. Hmm.. mungkin benar, atau juga benar-benar salah!. Coz ada baiknya kita mengenal bahasa tubuh yang khas dari masing-masaing Negara atau Benua. Hal ini penting karena kadang kita menghaddapi orang darinegara lain yang kebiasannya bahkan tingkah lakunya sangat berbeda dengan orang Indonesia kebanyakan. Dan dengan memahamiadat bangsa lain, diharapkan kita bisa membawa diri saat bertemu dengan mereka atau jika kita berkunjung ke Negara lain.


Edward T. hall, seorang peneliti bahsa tubuh terkemuka, mengemukakan beberapa contoh adanya tidak ketidak sesuaian perilaku nonverbal disertai ketidak sensitifan budaya menyebabkan komunikasi jadi macet. Yang tentunya akan menghambat jalannya sebuah hubungan. Berikut ada bebetapa bahasa tubuh (atau kerennya yang disebut Body Language) yang khas dari Negara lain yang sedikit berbeda dengan adat Indonesia :

1.       Arab
Ada sebuah budaya yang kalau seseorang menyetujui sesuatu, maka ia akan menggelengkan kepala. Ini sangat kontras dengan budaya kita yang, menyetujui sesuatu dengan menganggukkan kepala.

2.       Spanyol
Penduduk Spanyol sangat tidak sukamelihat orang menguap di depan umum. Padahal ini udah biasa banget terjadi di Indonesia, bahkan kita lakuakn sendiri, benar??

3.       Russia
Bila kita menemukan keramahan orang Indonesia dengan seringnya mengumbar senyum, maka kita kan sulit melihat hal ini di Russia. Mereka terkenal sangat susah tersenyum pada orang lain, apalagi yang belum dikenal. Kayaknya senyum adalah hal kejadian langka di sana.

4.       Turki
Merokok disembarang tempat dianggap tindakan yang tidak pantas. Dan orang-orang disana tidak suka kalau mereka lagi bicara, kita memasukkan tangan ke dalam saku.

5.       Filipina
Orang Filipina tidak akan menunjuk sesuatu dengan jari, karena menurut mereka itu adalah tindakan kasar, Kalau ingin menunjuk sesuatu maka mereka menggunakan gerak mata dan sesekali dengan memiringkan bibir kearah yang ditunjuk.

6.       Korea
Berjalan dibelakang orang lain dianggap tidak sopan. Dan untuk anak-anak muda, usahakan untuk menghindari kontak mata dengan ornag yang lebih tua. Hal ini dianggap tindakan menentang dan tidak patuh.

0 komentar:

Comments Utility