Navbar

Global Var

Selasa, 17 April 2012

Kuliner Dari Singkong

Singkong termasuk kedalam salah satu jenis tumbuhan, yang nggak manja alias gampang tumbuh.Singkong yang berasal dari Amerika Tropisini, bisa ditanam dipekarangan, tanggul, ataupun sawah. Oleh sebab itu, hampir disetiap wilayah Indonesia banyak ditumbuhi tanaman ini sama tumbuhan ini. Karena mudahnya ngembangin singkong , ditangin masyarakat kreatif singkong bisa di sulap jadi kuliner yang lezat. Kalau kamu biasa makan singkong goreng atau goreng kukus, sekarang kamu bisa coba beberapa kuliner berbahan dasar singkong. Saya akan ngasih kamu beberapa alternatif pilihan buat kam, yang pingin ngerasain kuliner dari singkong.


1. Keripik Singkong.
Siapa sih yang nggak suka camilan ini. Keripik singkong merupakan camilan yang sudah pasti banyak dinikmati di dalam atau diluar negeri. Aneka macam keripik singkong dengan berbagai rasa dan ciri khasnya masing-masing.




2. Kue Klepon
Kalau kamu sering pergi ke pasar, kamu pasti sering nemu camilan yang satu ini, klepon. Camilan yang termasuk ke dalam jajanan pasar ini, terbuat dari tepung beras ketan dan nggak lupa campuran singkong yang dibentuk seperti bola-bola kecil yang diisi sama gula jawa dan direbus dalam air mendidih. taburan parutan kelapa adalah pelengkap kue klepon ini. Biasanya sih, warna klepon adalah hijau atau putih sesuai selera si pembuatnya. Klepon juga biasanya disajikan sama gethuk dan cenil buat cemilan sore atau pagi hari.

3. Getuk Singkong
Makanan selanjutnya adalah Getuk. Getuk yang dalam bahasa Jawanya adalah gethuk adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan utama ketela dan singkong. nah, getuk ini mudah ditemuin di Jawa Tengah dan Jawa Timur, tapi sekarang makanan ini juga gampang dijumpai dipasar-pasar tradisional kok. kalau mau buat sendiri juga mudah loh. Kamu hanya rebus dua bahan diatas tadi, terus kamu tumbuk hingga halus dan jangan lupa dikasih gula dan pewarna makanan. Jangan lupa, sama seperti klepon, getuk juga biasa disajikan sama parutan kelapa.

4. Ongol-Ongol
Mungkin di antara masih asing dengan makanan yang satu ini, ongol-ongol. Cara membuat makanan ongol-ongol butuh kesabaran ekstra, loh. Karena cara membuat kuliner ini bisa dibilang susah, terutama saat proses penghancuran singkong. Semua bahan yang dibutuhin, seperti singkong, gula pasir, agar-agar, dan santan dicampur jadi satu lalu dikukus. Setelah dikukus, hasilnya guling-gulingkan diatas parutan kelapa juga.  Buat rasanya jangan ditanya, dalam satu gigitan kamu akan merakan rasa manis yang tercampur sama rasa gurih.

5. Tape
Tape atau kalau orang Sunda bilang Peuyeum. Tape adalah salah satu makanan asli Indonesiayang dihasilkan dari pross peragian atau fermentasi dan singkonglah yang menjadi bahan utamanya. Oleh karena itu, setelah di fermentasi biasa disebut tape singkong. Tape yang dibakar dan diberi siraman gula merah atau siraman lainnya, bisa membuat olahan dari tape ini kelihatan lebih menggiurkan.


6. Tiwul
Tiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari singkong. Penduduk pegunungan Kidul (Pacitan, Jawa Timur) contohnya yangsuka makan kuliner ini setiap harinya. Masyarakat disana yakin, kalau tiwul bisa nyembuhindari penyakit maag.





7. Gholak
Pasti kamu masih asing ya dengan makanan yang satu ini? Makanan yag punya bentuk kayak angka delapan dengan panjang 12-15 cm dan diameter 4-6 cm ini, terbuat dari tepung singkong juga. Tepung singkong yang sudah dijemur dicampur dengan parutan kelapa dan dibentuk angka delapan dan digoreng. Gholak biasa dimakan dengan kuliner olahan singkong lainnya yaitu Getuk. Gholak saat ini memang sudah jarang banget ditemuin, di desa asal makanan ini pun yaitu desa Serut (Kebumen, Jawa Tengah) cuma tersisa satu orang penjual saja. Kalau kta mencarinya dipasar, kita juga haruspesen dulu.

8. Combro
Nah buat kamu berasal dari Sunda, pasti tahu kuliner yang satu ini, Combro.Combro atau Oncom Dijero (Oncom di dalam) memang merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong, dibentuk bulat atau lonjong. Nggak lupa bagian dalamnya diisi sama sambal oncom yang kemudian digoreng.

0 komentar:

Comments Utility